fbpx

Menjaga Kelestarian Lingkungan Saat Berwisata

Berwisata sambil menjaga kelestarian lingkungan? Kenapa tidak!

Banyaknya kunjungan wisatawan ke suatu daerah atau destinasi wisata tidak selalu berdampak positif untuk lingkungan maupun warga sekitar. Banyaknya kunjungan wisatawan justru dapat mengancam kelestarian lingkungan di destinasi wisata tersebut. Vandalisme, sampah dan kerusakan ekosistem adalah beberapa ancaman yang umum terjadi.

Beberapa pengelola wisata memberlakukan peraturan yang ketat bagi pengunjung untuk melindungi destinasi wisata terutama destinasi alam dan situs sejarah dari kerusakan. Namun dalam perjalanannya ada saja ditemukan beberapa kasus kerusakan yang diakibatkan ulah tangan jahil wisatawan. Solusi untuk masalah tersebut adalah kesadaran dari pribadi wisatawan itu sendiri.

Nah, bagi kita yang hendak liburan pastikan kita adalah wisatawan yang peduli lingkungan, dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut ini.

Kurangi Sampah Plastik
Banyaknya wisatawan yang berkunjung sering berdampak pada peningkatan jumlah sampah yang berserakan. Sampah terutama yang berbahan plastik akan sangat sulit untuk didaur ulang dikarenakan sampah plastik memerlukan waktu ratusan bahkan ribuan tahun untuk bisa terurai oleh tanah.

Langkah terbaik yang bisa kita lakukan adalah mengurangi atau berhenti menggunakan plastik sekali pakai. Saat berwisata selalu gunakan tempat minuman dan makanan yang dapat digunakan berkali-kali, biasakan membawa tas sendiri atau tote bag saat berbelanja.

Tidak mengganggu keseimbangan ekosistem
Saat kita berkunjung ke suatu destinasi terutama destinasi wisata alam jangan sampai kita mengambil benda hidup ataupun tumbuhan untuk dibawa pulang. Dikarenakan hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup makhluk lainnya. Perlu diingat bahwa setiap makhluk hidup memiliki peranannya masing-masing. Kasus semacam ini sering terjadi di destinasi wisata alam seperti gunung dan danau.

Stop Vandalisme
Kasus ini sering terjadi pada destinasi berupa wisata situs bersejarah. Sering kali kita lihat demi mendapatkan sebuah foto yang bagus pengunjung bertindak nekat dengan memanjat atau merusak situs bersejarah tersebut. Sering juga kita lihat pengunjung yang melakukan aksi vandalisme dengan mencoret-coret situs bersejarah tersebut.

Nah Sobat Yourney jadilah wisatawan yang peduli akan lingkungan dan alam sekitar.

Salam Lestari, Salam Yourney Indonesia

Paket Wisata Populer

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Tanya Yourney