fbpx

Mengenal Sejarah Dan Mitos Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot

Keindahan Pura Tanah Lot yang mempesona

Pura Tanah Lot adalah tempat suci bagi Agama Hindu di pulau Bali yang keindahannya telah banyak memukau para wisatawan yang berkunjung. Selain itu Tanah Lot juga merupakan salah satu tempat terbaik di pulau Bali untuk menikmati matahari terbenam (sunset). Bahkan disebutkan bahwa keindahan matahari terbenam di Pura Tanah Lot merukapan salah satu yang terindah.

Pura Tanah Lot berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Pura Tanah Lot berdiri dengan megahnya diatas batu karang yang menghadap ke samudera Hindia.

Berbicara mengenai Pura Tanah Lot yang menurut masyarakat Bali dibangun oleh seorang Brahmana bernama Danghyang Niratha yang mengembara dari Pulau Jawa ke Pulau Bali. Saat itu Beliau berhasil menguatkan kepercayaan mayoritas warga Bali tentang ajaran agama Hindu pada abad 16. Namun sangat disayangkan pada saat Beliau menjalankan misi tersebut Bendesa Beraban merasa iri atau tidak suka sehingga ingin mengusir Danghyang Niratha dari tempat meditasinya.

Karena diusir itulah akhirnya Danghyang Niratha sempat mengeluarkan kesaktiannya dengan memindahkan sebuah batu besar yang dipercaya sebagai awal terciptanya Pura Tanah Lot yang menjadi tempat beliau untuk bermeditasi.

Setelah batu besar tersebut berhasil dipindahkan, maka dibangunlah sebuah Pura yang dijaga oleh seekor ular laut yang disebut Lipi Poleng yang tercipta dari selendang poleng milik Danghyang Niratha.

Keunikan dari Tanh Lot adalah terkait dengan mitos dari masyarakat setempat tentang ular suci yang ada di Pura Tanah Lot, ular suci Tanah Lot dipercaya sebagai penjaga dan penyelamat dari Pura Tanah Lot dari serangan-serangan jahat yang mengganggu kesucian pura.

Keunikan dari Tanah Lot adalah terkait dengan mitos dari masyarakat setempat tentang ular suci yang ada di Pura Tanah Lot, ular suci Tanah Lot dipercaya sebagai penjaga dan penyelamat dari Pura Tanah Lot dari serangan-serangan jahat yang mengganggu kesucian pura.

Ular suci ini akan menyerang siapa saja yang ingin berbuat jahat dan ingin merusak keberadaan dan kesucian Pura Tanah Lot, tetapi meskipun begitu ular suci ini akan tetap diam dan tenang di dalam goa yang terdapat di sudut karang yang ada di dekat Pura Tanah Lot. Menurut kepercayaan masyarakat setempat dengan menyentuh ular suci sembari memanjatkan doa maka apa yang menjadi keinginan kita akan dikabulkan, tapi sekali lagi ini hanya mitos, boleh dipercaya ataupun tidak.

Pura Tanah Lot ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan untuk keluarga, karena fasilitas penunjangnya sudah sangat lengkap. Untuk anda dan keluarga apabila ingin merencanakan liburan keluarga di pulau Bali, dapat menghubungi kami Yourney Indonesia. Selain memiliki pilihan paket wisata yang lengkap dengan berbagai pilihan destinasi unggulan, kami juga didukung oleh team yang professional dan bersahabat.

Paket Wisata Populer

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Tanya Yourney